Sabtu, 16 Juni 2012

Pengertian Batil dalam Al-Qur'an

BATIL (al-Bathil), berasal dari kata bathala, yabthulu yang berarti rusak, salah, palsu, tidah syah, tidak memenuhi syarat dan rukun, keluar dari kebenaran, terlarang atau haram menurut ketentuan agama. Kata batil yang merupakan lawan dari kata al-haq di dalam Al-Qur’an terdapat sebanyak 26 kali.
Kata batil memiliki pembahasan yang erat dan sangat berpengaruh dalam berbagai aspek dalam ajaran Islam secara gelobal antara lain:

  • Aspek Akidah.
Kebatilan bila menodai akidah seseorang, niscaya rusak dan sangat berbahaya. Ciri-ciri yang bisa merusak akidah adalah : 
  • Syirik.
Syirik termasuk salah satu bentuk kebatilan yang dapat mencemarkan akidah dan tergolong kedalam salah satu dosa besar yang tidak bisa diampuni ; sebagai mana firman Allah swt, “Sesungguhnya Allah tidak mengampuni dosa selain dari syirik itu bagi siapa yang dikehendaki-Nya...” (Q.S. An-Nisa (4) : 116).
Pencemaran akidah yang disebabkan syirik ini akan mengakibatkan amal-saleh yang dikerjakan menjadi batil. Hal ini sebagaimana firman Allah, “Dan kalau mereka mempersekutukan Allah, niscaya lenyaplah dari mereka amal yang telah mereka kerjakan” (Q.S. al-An’am (6) : 88)
  • Takhayul dan Khurafat.
Takhayul adalah segala kepercayaan dan pandangan terhadap perkara ghaib yang bersumber kepada khayalan, persangkaan-persangkaan atau perkiraan-perkiraan yang sama sekali tidak ada keterangannyadari al-Qur’an dan Hadis. Perbuatan ini termasuk bid’ah yakni kepercayaan-kepercayaan yang dibuat-buat atau yang diada-adakan dengan maksud tertentu.
Takhayul dan khurafat juga banyak berkembang dikalangan umat Islam, seperti menebak atau melihat nasib melalui garis-garis telapak tangan, bintang-bintang (zodiak) berdasarkan tanggal dan bulan kelahiranseperti bintang taurus, cancer, dan sebagainya. Kesemua ini juga merrupakan bagian dari perbuatan batil yang bukan saja merusak akidah tapi juga ibadah maupun muamalah.
                       

14 komentar:

  1. yang dimaksut diada adakan itu yang mana jelasin yang kongkrit sebab banyak yang diada adakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seperti halny ada sebagian orang mempercayai dengan berdoa di kuburan orang sholeh maka akan cepat terkabulnya..sesungguhnya yg demikian itu termasuk perbuatan syirik

      Hapus
    2. Seperti halny ada sebagian orang mempercayai dengan berdoa di kuburan orang sholeh maka akan cepat terkabulnya..sesungguhnya yg demikian itu termasuk perbuatan syirik

      Hapus
    3. Ziarah kubur itu namanya.kita berziarah kubur bukan berdoa minta dikabulkan oleh orang yg Sholeh yg dikubur itu. Kita ziarah kubur kepada orang yg Sholeh itu kita mendoakan mereka. Kita bertawasul. Dan ziarah kubur Sebagai pengingat/pelajaran bahwa kita juga nanti cepat atau lambat akan dikubur juga.

      Hapus
    4. Naaah jawaban yg sependapat, bertawasul dan mendoakan apalagi yg didoakan yg mungkin org yg berpengaruh membawa islam ke indonesia jd siapun org mengenalinya

      Hapus
    5. Naaah jawaban yg sependapat, bertawasul dan mendoakan apalagi yg didoakan yg mungkin org yg berpengaruh membawa islam ke indonesia jd siapun org mengenalinya

      Hapus
  2. Maksudnya melakukan suatu perbuatan yang belum ada lalu diada ada tanpa dasar yang jelas dalah al-Qur'an, Sunah, Qoulu Sahabat, Ijma, Qiyah..
    Serta yang diada adakannya adalah masalah Iman dan Ibadah Mahdoh..

    BalasHapus
  3. Ini yang aku cari, akhirnya aku tahu apa itu batil, makasih umam heru, postingannya bermanfaat, jazakallah khair

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jgn salah mengartikan kata batil..!
      Antara hak dan kewajiban, yait:
      * bila hak itu ya hak...
      * bila wajib itu ya wajib.

      Bila hak itu hak, tapi bila tidak hak tapi malah menuntut hak, ya sudah pasti inilah yg nama nya batil...
      #antonim dari kata batil

      Hapus
  4. Allhamdulullah.. Sangat bermanfaat. Trimakasih

    BalasHapus
  5. Baca albaqarah : 125 ,jika mau tau ziarah itu di larang

    BalasHapus
  6. Bahaya batil itu apa dan cara untuk mengantisipasinya apa

    BalasHapus
  7. saya mau nanya nih... ada orang beli rokok ketengan uangnya 5000 an jelek kusut tapi gak sobek.. terus kembaliannya saya kasih 500 koin putih agak ada hitam2nya uga.. eh dia malah marah2 menyebut saya bathil.. saya udah ganti dia masih saja ngomel2.. saya kasih lihat duitnya yg dari dia.. dia ngeles dengan alasan gak sobek.. bagaimana saya harus menyikapi orang seperti ini???

    BalasHapus
  8. Naaah jawaban yg sependapat, bertawasul dan mendoakan apalagi yg didoakan yg mungkin org yg berpengaruh membawa islam ke indonesia jd siapun org mengenalinya

    BalasHapus